Search Bar

ads here

Cara Menambang Dogecoin Solo Dan Pool Mining

advertise here
Dogecoin sampai saat ini tetap terus diminati berbagai kalangan karena nilainya dianggap ekonomis dan mampu menjangkau publik. Koin ini memang mudah diperoleh, bahkan kita bisa menambangnya tanpa menggunakan kartu grafis. Dengan cara yang simpel, terkadang kita menggunakan komputer ada beberapa resource yang tak terpakai. Ada baiknya daya komputasi ini dimaksimalkan sehingga mendapatkan keuntungan tambahan ketika menggunakan komputer. Dihalaman ini akan dijelaskan cara menambang dogecoin, baik solo maupun melalui pool mining.

Cara Mining Dogecoin

Walaupun penambangan dogecoin tanpa menggunakan kartu grafis berjalan lambat, tetapi setidaknya juga menghasilkan. Mengingat harga kartu grafis sangat mahal, maka alternatif ini bisa membantu komputer menghasilkan koin yang dikelola sendiri. Penambangan solo dogecoin menggunakan satu unit CPU dan tidak mempengaruhi kinerja komputer secara default.

Perlu diingat, bahwa dogecoin bekerja seperti halnya Litecoin, sehingga sangat tergantung dengan perangkat keras. Setidaknya untuk mendapatkan dogecoin memerlukan kecepatan 100 hingga 200 kH/s. Tanpa kartu grafis, setidaknya kita memerlukan prosesor Intel i7 sehingga bisa memaksimalkan perolehan koin. Sementara jika menambahkan kartu grafis, tentunya juga akan berimbas pada penambahan daya listrik.

Dogecoin dibuat menggunakan algoritma Scrypt yang dianggap bisa menghemat energi dibandingkan penambangan bitcoin. Tidak seperti bitcoin, dogecoin akan tetap ada jika ditambang tetapi jumlah reward terus menurun. Banyak orang beranggapan bahwa jumlah dogecoin yang beredar dapat menyebabkan tingkat inflasi yang tinggi setiap tahun. Tetapi faktanya tidak demikian, inflasi justru lebih rendah dibandingkan bitcoin pada tahun 2015.

Cara Menambang Dogecoin


Hal yang pertama kali dilakukan dalam menambang dogecoin adalah mendownload Dogecoin Core dari situs resmi dogecoin. Fitur wallet ini umumnya tampak terlihat sama dengan wallet koin lainnya. Setelah instalasi selesai, masuk ke menu Setting dan Encrypt Wallet untuk menjaga serangan atau pencurian. 

Yang paling lama dari proses ini adalah sinkronisasi dengan jaringan Dogecoin. Dimana wallet core akan mendownload semua block yang sudah ada langsung ke CPU kita selama berhari-hari. Apabila komputer shutdown, sinkron akan berlanjut hingga selesai. Penambangan solo seperti ini sebenarnya tidak menguntungkan, tingkat kesulitan sangat tinggi. Maka sebaiknya bergabung dengan penambang yang lain di Pool dogecoin yang disediakan beberapa website.

Dogecoin mining pool salah satunya ada di Aikapool. Kita bisa memanfaatkan pool ini untuk mining dogecoin tanpa harus mendownload core yang memerlukan ruang penyimpanan besar. Aplikasi penambang juga mudah digunakan dan bisa dilanjutkan kapanpun Anda suka. 


Silahkan daftar ke pool tersebut, cara menambang dogecoin dengan mendownload software CPU mining multi versi 1.3.1 windows 64 bit di Github. Setelah berhasil mendawonload, ekstrak di satu folder dan pastikan antivirus diset pengecualian untuk folder ini. 

Kemudian buka folder, dan edit file batch dengan notepad, edit kode di dalamnya dengan setting berikut:
cpuminer-gw64-corei7.exe -a x11 -o  stratum.aikapool.com:7915 -u UserName.WorkerName -p WorkerPassword
pause

Pastikan Anda tidak mengganti setiap nama file yang berada difolder ini. Gunakan kode cpuminer-gw64-corei7.exe sesuai dengan prosesor i7 yang terpasang di CPU. Jika menggunakan CPU dual core, ganti kode dengan cpuminer-gw64-core2.exe dan bisa dipergunakan pada laptop. Untuk memulai mining, silahkan klik file batch yang telah diubah kodenya.