Search Bar

ads here

Membuat animasi bergerak mengunakan Processing Part 3

advertise here
   Assalamualaikum, berikut saya datang lagi dengan artikel membuat animasi bergerak dengan Processing Part 3, yang mana pada beberapa website sudah memnjelaskan bahwa Processing dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Processing adalah software yang sangat cocok digunakan untuk membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana membuat bahasa pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di bidang pemrograman grafis. Ide pembuatan Processing diawali sejak tahun 2001. Para pendiri Processing berusaha mencari cara yang lebih baik dalam pembuatan skrip program yang saat itu cukup rumit jika direalisasikan dengan Bahasa Pemrograman C++. Processing lebih fokus pada grafis dan interaksi ketimbang pada struktur data.

   Processing versi alpha dirilis pada Agustus 2002 sampai April 2005. Selanjutnya, versi beta dirilis kepada publik sampai tahun 2008. Selama masa itu, software Processing digunakan dalam proses pembelajaran dan ribuan orang diseluruh dunia. Berbagai masukan dan revisi dari berbagai pihak telah dilakukan untuk proses penyempurnaan. Selama perkembangannya, pada pendiri Processing membuat berbagai ekstensi yang dikenal sebagai pustaka (library), yang memungkinkan berbagai aplikasi dapat dikembangkan lebih jauh dengan menggunakan Processing. Saat ini, telah dibuat ratusan pustaka yang dapat menghubungkan Processing dengan berbagai bidang, seperti komputer visi, pengolahan suara, video, data/network, perangkat keras (misalnya mouse, keyboard, tablet) dan sebagainya. Pada tanggal 29 Nopember 2008, tim merilis versi 1.0 sebagai versi pemrograman yang stabil.
   Pendiri Processing adalah Ben Fry dan Casey Reas. Dalam perkembangannya, Processing telah didukung oleh berbagai komunitas. Komunitas ini berperan dalam pembuatan berbagai pustaka dan menjadikan Processing menjadi salah satu bahasa pemrograman grafis yang mulai banyak digunakan.
Ilustrasi dalam pemrograman Processing adalah sebagai berikut. Kita menulis sebaris skrip program untuk dapat menampilkan sebuah objek lingkaran pada layar. Dengan menambahkan beberapa baris program saja, kita dapat menggerakkan lingkaran tersebut sesuai dengan pergerakkan mouse. Beberapa tambahan baris program selanjutnya dapat mengubah warna lingkaran saat mouse ditekan. Menarik, bukan? Selain lingkaran, kita dapat membuat objek apapun sesuai dengan kreasi kita. Berdasarkan ilustrasi tersebut, pemrograman Processing diawali dari sebuah baris, ditambahkan dengan beberapa baris program yang lain, ditambahkan kembali baris yang lain, dan begitu seterusnya. Proses ini dikenal sebagai sketching program.
Sketching adalah sebuah proses berpikir. Tujuan dasarnya adalah mengekplorasi berbagai ide dan merealisasikannya dalam waktu yang singkat. Kita dapat mulai membuat sketsa di atas kertas. Dari sketsa kertas, kita dapat memindahkannya ke sketsa software. Kumpulan dari sketsa software dapat dipilih untuk membentuk sebuah purwarupa (prototype).

Gimana sob penjelasannya diatas, bikin ngantuk kan hehe, yuuk langsung saja

1. membuat bentuk acak-acak bergerak seperti karya seni berikut code scriptnya

void setup() {
  size(500, 500);
}

void draw() {
  float x = random(500);
  float y = random(500);
  float w = random(100);
  float h = random(100);
  fill(random(255), random(255), random(255));
  rect(x, y, w, h);
  ellipse(x, y, w, h);
  triangle(random(500),random(500),random(500),random(500),random(500),random(500));
}


2. membuat Tata surya


float theta = 0;

void setup ()
{
  size(1000,700);
}

  void draw(){
      background(0);
  translate(width/2, height/2);
//lingkaran putaran
noFill();
stroke(#FFFFFF);
  ellipse(0,0,135,135);
  ellipse(0,0,180,180);
  ellipse(0,0,220,220);
  ellipse(0,0,255,255);
  ellipse(0,0,320,320);
  ellipse(0,0,420,420);
  ellipse(0,0,510,510);
  ellipse(0,0,610,610);
  ellipse(0,0,680,680);
 
//Matahari
  fill(#FCD700);
  ellipse(0, 0, 100, 100);
 
//play putaran
  pushMatrix();
  rotate(theta);
 
  //planet1
  translate(100, 0);
  fill(#FF9F0D);
  ellipse(-33,0 , 10, 10);
 
  //planet2
  translate(100, 0);
  fill(#935B07);
  ellipse(-190,-88 , 15, 15);
 
  //planet3
  translate(100, 0);
  fill(#04A0C9);
  ellipse(-410,0, 15, 15);
 
  //planet4
  translate(100, 0);
  fill(#DBB377);
  ellipse(-340,111, 10, 10);
 
  //planet5
  translate(100, 0);
  fill(#B26C02);
  ellipse(-570,142, 42, 42);
 
  //planet6
  translate(100, 0);
  fill(#DED709);
  ellipse(-450,-150, 35, 35);
 
  //planet7
  translate(100, 0);
  fill(#4A8098);
  ellipse(-935,-100, 23, 23);
 
  //planet8
  translate(100, 0);
  fill(#0276AA);
  ellipse(-510,100, 21, 21);
 
  //planet9
  translate(100, 0);
  fill(#01567C);
  ellipse(-910,-340, 10, 10);
  //dwibagusfrasetia
  //155201002
  popMatrix();
  theta += 0.01;
 
}



3. Membuat bola bercahaya


float spin = 0.0;
void setup()
{
size(500, 500, P3D);
noStroke();
}

void draw()
{
background(#029EF0);


pointLight(150, 100, 0, // Color
200, 150, 0); // Position

directionalLight(100, 102, 255,1, 0, 0);


spotLight(255, 255, 109,0, 40, 200, 0, -0.5, -0.5,PI / 1, 1);

spin += 0.01;

pushMatrix();
float dirY = (mouseY / float(height) - 0.5) * 2;
float dirX = (mouseX / float(width) - 0.5) * 2;
directionalLight(204, 24, 24, -dirX, -dirY, -1);
translate(width/2 - 100, height/2, 0);
rotateX(PI/9); rotateY(PI/5 + spin); sphere(100); popMatrix();


translate(width/2, height/2, 0);

}



4. membuat bola berputar dalam kubus






float frame = 0, speed = 1 / .0125, range = .125;
float rx = PI / 6, ry = -PI / 6, rmax = PI / 240;
float spin = 0.0;


void setup () {
size (256, 256, P3D);

}
void draw () {
if (!mousePressed) {
speed = constrain (dist (128, 128, mouseX, mouseY) / 128, 0, 1) * .02;
range = pow (constrain (dist (128, 128, mouseX, mouseY) / 128, 0, 1), 2) * .65;
} else {
rx = rx + (mouseX - pmouseX) * PI / width;
ry = constrain (ry - (mouseY - pmouseY) * PI / height, -HALF_PI, HALF_PI);
}
background (#04A5B2);
translate (128, 128, -192); rotateX (ry); rotateY (rx);
noFill (); stroke (0, 0, 0, 20); box (256, 256, 256);

//Perputaran Bola
spin -= 0.100;
pushMatrix();
rotateX(PI/1);
rotateY(PI/1 + spin);
fill(#0802DB);
sphere (60);
popMatrix();

//dwibagusfrasetia
//1555201002
}
float cycle (float modifier, float displacement) { return cos ((frame * modifier + displacement) * TWO_PI) / 2; }
class bone {
// constants
int maxchildren = 3;
// variables
float x, y, z, a, b ,c;
int len; bone[] children;

}


Sekian dari saya " Dwi Bagus Frasetia" Terima Kasih Dan Wassalamualaikum.