Assalamualaikum, Berikut saya akan membagikan Code membuat animasi Bola pantul menggunakan aplikasi Processing 2.2.1 .
Yang mana aplikasi ini berguna untuk pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Processing adalah software yang sangat cocok digunakan untuk membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana membuat bahasa pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di bidang pemrograman grafis.
Langsung saya berikut code membuat animasi bola pantul processingnya sob :
//Create By Dwi Bagus frasetia
//inisialisasi posisi-x
int nilaiX = 40;
//inisialisasi posisi-y
int nilaiY = 40;
//inisialisasi arah-x
int arahX = 3;
//inisialisasi arah-y
int arahY = 3;
void setup()
{
size(500, 300); // ukuran layar
}
//dbfweb.blogspot.com
void draw ()
{
background(0);//warna latar belakang
fill(#0310FA);// warna bola
noStroke();
ellipse(nilaiX, nilaiY, 40, 40);// gambar lingkaran
nilaiX = nilaiX + arahX; // update posisi baru-x
if (nilaiX>width-20 || nilaiX<20) // cek jika bola membentur dinding kanan-kiri
{
arahX = arahX*-1; // jika membentur tembok, balikkan arah x
}
nilaiY = nilaiY + arahY; // update posisi baru-y
if (nilaiY>height-20 || nilaiY<20) // cek jika bola membentur dinding atas-bawah
{
arahY = arahY*-1; // jika membentur, balikkan arah y
}
}
Pastikan sobat mengcopy semua codenya supaya tidak terjadi error play.
Download Aplikasi Processing : DOWNLOAD
Selamat Mencoba. . . . .
Yang mana aplikasi ini berguna untuk pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Processing adalah software yang sangat cocok digunakan untuk membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana membuat bahasa pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di bidang pemrograman grafis.
Langsung saya berikut code membuat animasi bola pantul processingnya sob :
//Create By Dwi Bagus frasetia
//inisialisasi posisi-x
int nilaiX = 40;
//inisialisasi posisi-y
int nilaiY = 40;
//inisialisasi arah-x
int arahX = 3;
//inisialisasi arah-y
int arahY = 3;
void setup()
{
size(500, 300); // ukuran layar
}
//dbfweb.blogspot.com
void draw ()
{
background(0);//warna latar belakang
fill(#0310FA);// warna bola
noStroke();
ellipse(nilaiX, nilaiY, 40, 40);// gambar lingkaran
nilaiX = nilaiX + arahX; // update posisi baru-x
if (nilaiX>width-20 || nilaiX<20) // cek jika bola membentur dinding kanan-kiri
{
arahX = arahX*-1; // jika membentur tembok, balikkan arah x
}
nilaiY = nilaiY + arahY; // update posisi baru-y
if (nilaiY>height-20 || nilaiY<20) // cek jika bola membentur dinding atas-bawah
{
arahY = arahY*-1; // jika membentur, balikkan arah y
}
}
Pastikan sobat mengcopy semua codenya supaya tidak terjadi error play.
Download Aplikasi Processing : DOWNLOAD
Selamat Mencoba. . . . .