Search Bar

ads here

Spesifikasi PC Untuk Mining Bitcoin Minimal Saat Ini

advertise here
Saat ini semakin banyak orang yang ingin merasakan sensasi menambang mata uang digital. Mengapa banyak orang semakin tertarik? Beberapa alasan karena harga yang tiba-tiba bisa melambung tinggi, dan juga merupakan salah satu aset investasi jangka panjang yang terus menghasilkan. Lalu, bagaimana spesifikasi PC untuk mining bitcoin minimal, apakah low grade bisa menjamin modal kembali? Investasi di pertambangan bitcoin tidak hanya sebatas pada perangkat dan biaya per hari, tetapi juga bergantung pada tingkat kesulitan yang semakin tinggi.

spesifikasi PC untuk mining bitcoin minimal

Ada banyak kasus dan penjelasan tentang penambangan bitcoin diluar sana, apalagi dengan mencarinya Google. Tetapi umumnya menjelaskan hal yang sama tanpa memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan setiap hari. Tidak jauh beda dengan Cloud Mining yang akan menagih kepada Anda biaya perawatan per hari. Hal ini dilakukan untuk menjaga stabilitas CPU, beban daya listrik, sewa gedung dan recover perangkat. Menurut beberapa praktisi, berdasarkan tingkat kesulitan penambangan, seluruh biaya harus sesuai dengan nilai jual minimal 10,000 dolar AS per 1 BTC (Februari 2018). Jika dibawah nilai ini, kemungkinan penambang mengalami kerugian. Nilai ini akan terus disesuaikan seiring berberkembangnya teknologi, waktu, dan tingkat kesulitan.

Oleh karena itu, bagaimanapun nilai jual bitcoin diusahakan oleh berbagai pihak tetap berada diatas harga 10,000 dolar AS. Walaupun dalam berbagai kondisi mengalami kendala, baik dari peraturan pemerintahan dan isu lainnya. Konsumsi listrik penambangan bitcoin sangat besar, maka umumnya penambangan bitcoin ditempatkan dekat dengan pembangkit listrik. Bayangkan saja, jika di total maka konsumsi listrik penambangan setara dengan konsumsi rumahan satu kota. Jika demikian, apakah dengan membangun satu rig penambangan bitcoin bisa menutupi biaya konsumsi listrik rumah Anda?

Spesifikasi PC Untuk Mining Bitcoin


Sebelum benar-benar terjun ke dunia penambangan bitcoin yang sebenarnya sangat menyakitkan. Sebaiknya Anda berhitung dulu, karena kesalahan menghitung biaya pembelian perangkat dan daya listrik per hari bisa membuat bangkrut. Yang paling siginifikan mempengaruhi nilai pendapatan dalam menambang bitcoin adalah biaya perhari, hash rate dan difficulty block atau tingkat kesulitan penambangan. 

Jumlah bitcoin baru pada masing-masing blok yang ditambang akan mendapatkan reward yang dibagi dua setiap 210,000 blok. Atau kira-kira akan memperolehnya setiap 4 tahun. Bonus block ini dimulai pada angka 50 BTC sejak tahun 2009, dan sekarang menurun kira-kira kurang dari 20 BTC. Nilai ini akan terus menurun sepanjang waktu hingga mendekati pencapaian 21 juta bitcoin.

Seberapa sulit teka-teki yang harus dipecahkan dalam penambangan? Semuanya tergantung dari berapa banyak usaha dalam pertambangan yang terhubung di seluruh jaringan. Tingkat kesulitan penambangan bisa disesuaikan dengan protokol setiap 2016 blok, atau kira-kira setiap 2 minggu. Tingkat kesulitan akan menyesuaikan diri dengan tujuan untuk menjaga laju penemuan blok konstan.


Jika daya komputasi atau spesifikasi tinggi lebih banyak digunakan di pertambangan, maka kesulitannya akan menyesuaikan diri untuk membuat pertambangan lebih sulit. Saat ini semakin banyak orang yang membangun rig penambangan dengan spesifikasi PC untuk mining bitcoin tertinggi. Maka tingkat kesulitan akan lebih sulit, apalagi dicapai dengan spesifikasi rendah. Tidak seperti di awal kemunculan bitcoin tahun 2009, tingkat kesulitan masih rendah karena masih banyak yang menggunakan PC biasa.

Lalu, jika Anda bertanya tentang spesifikasi PC untuk mining bitcoin untuk saat ini dan akan datang. Maka Anda harus melihat perkembangan teknologi penambangan bitcoin. Saat ini sudah semakin banyak orang yang menggunakan Antminer yang jauh lebih cepat dan harganya sangat mahal. Jika Anda tetap mengandalkan kartu grafis, diperkirakan akan tidak sebanding dengan biaya perhari karena tingkat kesulitan semakin tinggi.


Silahkan cek sendiri berapa biaya pembuatan rig penambangan bitcoin yang dapat dengan mudah dicari di internet. Ada yang memperkirakan spesifikasi PC untuk mining bitcoin minimal harga rata-rata belasan juta. Sekali lagi,... Hitung dengan benar biaya perhari, harga jual, dan tingkat kesulitannya. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan profit.